Ads by Smowtion

Tuesday, January 31, 2012

tugas ekooooonomiiiii

1.        Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
- Pasar monopoli
- Pasar monopolistik
- Pasar monopsoni
- Pasar oligopoli
- Pasar oligopsoni
2.        Pasar persaingan sempurna:
Ø  banyak pembeli dan banyak penjual
Ø  produk yang homogen
Ø  informasi produk cukup
            Pasar persaingan monopolistik:
Ø  banyak pembeli dan banyak penjual
Ø  produk yang terdiferensiasi
Ø  informasi produk cukup

3.        dampak negatif:

- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
- Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis  karena semangat bersaing  kurang
- Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
- Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
- Bisa berkembang ke arah monopoli

4.        pihak yang terlibat antara lain yaitu
-       penjual tenaga kerja
-       pembeli tenaga kerja
-       pemerintah.
5.        Pasar monopoli
Kebaikan :
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
- dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
- Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
- Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan  hak paten



Keburukan :
- Perusahaan lain sulit memasuki pasar
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Jumlah produk tergantung monopolis
- Monopolis umumnya bertindak boros
- Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
Pasar persaingan sempurna:
Kebaikan :
-  Mampu mendorong penghematan
- Tidak memerlukan iklan
- Pembeli dan penjual bebas bertindak
-  Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau satu pembeli
-  Keburukan :
- Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk
-  Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli
-  Produsen memberi gaji dan upah terlalu rendah demi penghematan
6.        Manfaat pasar modal:
-  Dapat menghipun dana-dana yang berasal dari masyarakat untuk memperluas usaha dan membuka proyek-proyek baru
-  Memperluas lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran
-  Dapat menungkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat
-  Perusahaan yang manawarkan efek kepada masyarakat memiliki ketergantungan yang rendah pada bank
-  Waktu dalam menggunakan dana masyarakat lebih lua
-  Bila dilaksnakan sesuai ketentuan dan didukung oleh semua pihak terkait, kemampuan manajemen pasar modal akan terus meningkat.
-  Pemegang saham maupun obligasi sama-sama emperoleh keuntungan baik berupa deviden maupun bunga.
-  investor lebih mudah berpindah dari sebuah perusahaan ke perusahaan yang deviden atau bunganya lebih tinggi.
-  Investor turut serta dalam kegiatan perusahaan melalui rapat umum pemegang saham.
-  Pasar modal turut serta meningkatkan kegiatan pembangunan ekonomi.

7.        Faktor- faktor yang  mempengaruhi nilai tanah adalah :
-       Faktor sosial, ditunjukan dengan karakteristik penduduk yang meliputi
jumlah penduduk, jumlah keluarga, tingkat pendidikan, tingkat kejahatan
dan lain- lain. Faktor ini membentuk pola penggunaan tanah pada suatu
wilayah.
-       Faktor ekonomi, ditunjukkan dalam hubungan permintaan dan penawaran
dengan kemampuan ekonomi suatu masyarakat untuk memenuhi
kebutuhannya. Variasi permintaan meliputi jumlah tenaga kerja, tingkat
upah, tingkat pendapatan, dan daya beli, suku bunga dan biaya transaksi.
Variabel penawaran meliputi jumlah tanah yang tersedia, biaya perijinan,
pajak, dan biaya overhead lainnya.

-       Faktor- faktor pemerintah, kebijakan pemerintah baik di bidang politik
maupun hukum akan mempengaruhi nilai tanah, misalnya fasilitas
keamanan, kesehatan, pendidikan, jaringan transportasi, peraturan
perpajakan dan lain-lain.
-       Faktor lingkungan mempengaruhi nilai tanah meliputi kondisi internal,
yaitu lokasi, ukuran, topografi, jenis tanah, dimensi. Kondisi eksternal /
meliputi keasaan lingkungan sekitar lokasi tersebut seperti keberadaan laut
atau pelabuhan, sungai, gunung dan jaringan transportasi yang
mempengaruhi kemudahan atau aksesbilitas ke lokasi tanah.

8.        Klasifikasi pasar menurut waktu
-       Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di kota-kota.
-       Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.
-       Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.
-       Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun sekali.
-       Pasar Temporer
Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)
9.        Proses pembentukan harga pada pasar monopoli:
seorang monopolis(produsen) dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya
pemerintah berhak ikut campur

10.     Proses pembentukan harga pada pasar persaingan sempurna:
Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker).


No comments:

Post a Comment