Ads by Smowtion

Sunday, January 8, 2012

Super Tucano Tiba Maret 2012

MALANG - Empat dari 16 pesawat Super Tucano A29 buatan Brazil direncanakan tiba pada Maret 2012 untuk melengkapi sistem persenjataan TNI AU khususnya di Pangkalan Udara Abd Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Pangkalan Udara Abd Saleh, Kolonel Pnb Novianto Widadi, Minggu (8/1), mengatakan, secara umum Lanud Abd Saleh siap menyambut kedatangan pesawat tersebut. Kesiapan yang sudah dilakukan, meliputi sejumlah fasilitas pendukung di Lanud Abd Saleh, seperti shelter pesawat, serta pilot dan teknisi yang dilatih khusus untuk menangani pesawat tersebut. Dengan tibanya pesawat nanti diharapkan bisa dipertunjukan kepada masyarakat pada peringatan HUT TNI AU tanggal 9 April 2012.

Super Tucano diproyeksikan akan digunakan untuk misi operasi taktis dalam membantu pasukan di darat, sebab pesawat itu memiliki keunggulan "close air support". Pesawat bermesin tunggal buatan "Empresa Braziliera de Aeronautica" ini juga memiliki kemampuan menembakan asap ke darat secara cepat untuk menunjukkan posisi musuh.

Selain digunakan sebagai pesawat latih, Super Tucano juga bakal digunakan untuk misi pengamanan wilayah perbatasan, untuk memastikan tidak adanya pelanggaran batas negara oleh pihak lain.

"Total pesawat yang kita pesan sebanyak 16 unit, dan pengiriman akan dilakukan secara bertahap, diawali dengan kedatangan empat unit pada Maret 2012, dan akan ditempatkan pada Skuadron 21 Lanud Abd Saleh," katanya.

Sumber : ANTARA

No comments:

Post a Comment