Ads by Smowtion

Saturday, January 14, 2012

Satu Skuadron Sukhoi Di Akhir Pemerintahan SBY


Sukhoi Su-27SKM milik TNI AU (Foto: Indoflyer.net)

BALIKPAPAN - Pemerintah Indonesia akan menambah enam lagi jet tempur Sukhoi sehingga akan lengkap memiliki satu skuadron atau 16 pesawat buatan Rusia tersebut.

"Selain itu, kita juga akan tambah tiga kapal selam dan jet-jet tempur F-16 hingga akhir masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tahun 2014), pertahanan kita akan kuat sekali," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/1).

Menhan Purnomo Yusgiantoro berada di Balikpapan dalam rangka penutupan pelayaran Saka Bahari Nusantara yang dimulai sejak akhir Desember 2011.

"Itu karena sekarang ekonomi kita kuat sekali. Kita punya anggaran Rp150 triliun untuk pertahanan," tambah Purnomo.

Saat ini TNI AU memiliki 10 pesawat Sukhoi yang pengadaannya dimulai sejak masa Presiden Megawati Soekarnoputri. Saat itu pemerintah hanya menargetkan memiliki satu skuadron mini atau berkekuatan 12 pesawat Sukhoi SU-27 dan Sukhoi SU-30.

"Dengan Sukhoi dari Makassar hanya perlu waktu tempuh sekitar satu jam ke perbatasan dengan Malaysia di Sabah dengan terbang normal. Dan bisa lebih cepat lagi karena Sukhoi mampu terbang hingga mach-2 atau dua kali kecepatan suara," kata Komandan Skadron Udara XI Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Letkol Penerbang Tonny Haryono dalam kesempatan terpisah.

Penambahan Sukhoi itu melengkapi penambahan armada tempur udara Indonesia, yang juga diperkuat jet tempur F-16. Pada 2014 mendatang TNI AU akan mendapat 24 pesawat F-16 Block 32 yang diretrofit.

Sumber : ANTARA

No comments:

Post a Comment